Sabtu, 07 Agustus 2010

Ga Pengen beli hardisk portable atau DVD rom portable? Pakai USB to IDE SATA converter aja!


Setahun belakangan ini menjamur penggunaan netbook untuk berselancar di dunia maya (sama halnya seperti saya). Sayangnya, dengan bentuk yang ramping dan mobile (mudah dibawa kemana saja) menyebabkan dihilangkannya beberapa fitur yang lumayan penting, yaitu dvd rom internal. Apabila ingin install program ataupun ingin ntn dvd jadinya agak ribet. Oleh karena itu, penggunaan dvd rom portable menjadi salah satu pilihan yang digunakan untuk mengatasi kekurangan tersebut. Ada pengalaman dari teman-teman gw yang menggunakan dvd portable, ada yang bilang cepat rusak ataupun lensanya yang lemah setelah beberapa lama pemakaian. Ada alternatif yang dapat digunakan, yaitu menggunakan USB to IDE SATA converter. Penggunaan converter ini menggunakan cd/dvd rom yang umumnya dipakai dalam pc. Berikut ini merupakan salah satu converter yang gw dapatkan.


Untuk harga, ternyata tidak terlalu mahal, yaitu sekitar 60 rban. Dan dapat ditemukan di berbagai toko komputer. Coba kita cek dalamnya...Parts pertama yang gw temukan adalah converternya. DI bagian converternya terdapat 3 jenis plug, yaitu 2,5 inch IDE (untuk hdd laptop), 3,5 inch IDE plug, dan SATA plug.

2.5 inch IDE plug

3,5 inch IDE plug

SATA plug

Parts berikut yang gw temukan yaitu bagian power supply. Yang pasti voltage/tegangan power supplynya sama dengan yang digunakan untuk hdd dan dvd rom pada umumnya. Bentuk default dari plug power supplynya yaitu untuk IDE 3.5 inch power supply. Tapi jangan khawatir, di dalamnya masih terdapat converter juga untuk power supplynya.

power supply

Di dalam kardus ternyata masih ditemukan converter power supply dari IDE ke SATA, kabel extension SATA serta CD drivernya.


Berikut gw tunjukkan bagaimana cara pemasangannya...
Pertama-tama pasang dulu kabel powernya ke cd/dvd/hdd nya Pastikan posisinya tidak terbalik

Kedua, pasang kabel IDEnya karena yang saya gunakan adalah cd rom dengan IDE, maka saya gunakan yang sesuai pula plugnya.


Ketiga, Dipasang deh kabel iDEnya ke dalam plugnya


Terakhir pasang kabel powernya ke dalam cord listrik, lalu pasang kabel USBnya ke netbook. Nanti bakal tuting2...detect new hardware. Terinstall deh secara otomatis.


Dapat dilihat dibagian my computer terdapat tambahan CD drive (E:) berarti sudah terbaca cd romnya oleh netbook.

Ayo kita uji coba dengan masukin cd, apakah dia bakal baca nh cdnya???? Gw coba pake cd installer printer HP yang gw punya... Tadaaaa.....ternyata berhasil tuh liat khan di gambar terakhir kalau drive E: nya sudah berubah menjadi logo HP? terbaca tuh tandanya. Yah tinggal coba2 deh dengan langkah yang sama kalau ingin menggunakan dvd rom, hdd 2.5 inchi maupun hdd 3.5 inch. Selamat mencoba y (^_^)/ (itu juga kalo kalian tertarik untuk mencobanya) hehehe...


Semoga review kali ini menambah sedikit pengetahuan mengenai jenis converter yang ada di dunia perkomputeran. See ya guys...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar